Minggu, 11 September 2011

2 Alasan Mengapa Mengkonsumsi Makanan Organik


Makanan organik, banyak hal yang pro dan kontra mengenainya. Hal ini sangat wajar mengingat harga makanan organik yang bisa beberapa kali lipat dibanding makanan konvensional, yang mana membuat konsumen memikirkan benefit apa yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya.

Issue yang banyak beredar adalah apakah memang makanan organik merupakan pilihan yang lebih sehat, terutama saat makanan organik mulai diperkenalkan di sekitar tahun 1990. Banyak orang yang menyikapinya dengan skeptis mengenai kelebihan makanan organik karena belum banyak penelitian mengenai kandungan nutrisi pada makanan organik. Di sisi lain, belum banyak juga penelitian yang mengungkap bahaya bahan-bahan kimia yang terkandung dalam makanan konvensional.

Inilah 2 isu penting tentang keuntunganmengkonsumsi makanan organik:
1. Kandungan nutrisi makanan organik
Menurut penelitian-penelitian mengenai kandungan vitamin, nutrisi dan mineral pada makanan organik dan non organik, ternyata ada perbedaan kandungan nutrisi yang cukup signifikan, di antaranya:
* Chromium: mencegah pengerasan pembuluh darah arteri dan diabetes tipe 2
* Calcium and Boron: membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.
* Lithium: anti depresan.
 * Salicylic Acid: anti inflamasi yang mencegah penyakit jantung.
* Antioxidants: mencegah kerusakan sel.
 * Magnesium: membantu mencegah kematian saat serangan jantung.
* Selenium: mencegah serangan jantung dan kanker.
* Vitamin C: membangun system kekebalan tubuh.

 2. Bahan kimia beracun yang terkandung dalam makanan konvensional.
Bahan kimia bisa berasal dari residu pest control, pupuk sintetis dan food additive. Tidak hanya membawa dampak negatif pada tanah dan lingkungan sekitar, namun juga bisa membahayakan manusia. Bahan makanan organik yang diteliti ditemukan kandungan bahan kimia, logam berat, solvents dan hormon sintetis yang mana bahan-bahan tersebut diduga sebagai pemicu kondisi-kondisi di bawah ini:
* kanker
* penyakit jantung
* osteoporosis
* migrain
* hyperactivity
* penurunan kecerdasan
* gangguan pendengaran
* gangguan pertumbuhan saat masa kanak-kanak
* anemia
* Alzheimer's
* multiple sclerosis
* pubertas dini

Walau hanya ada 2 isu mengenai keuntungan mengkonsumsi makanan organik, namun bagi saya itu sudah menjadi alasan yang cukup untuk mulai beralih ke makanan organik. Minimal demi kebaikan diri sendiri dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan kritik, saran dan komentar untuk perbaikan konten blog ini.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, hanya nisankah yang akan kita tinggalkan? (Papa/H. Slamet Sulaiman)