Selasa, 21 Juni 2011

5 Tanda Waktu Persalinan Semakin Dekat


Berikut ini tanda-tanda saat persalinan semakin dekat:

1. Bayi turun
Beberapa minggu sebelum persalinan, kepala bayi akan masuk ke dalam rongga panggul. Ini yang disebut bayi turun dan Anda akan merasakan lightening. Jika sebelumnya bernafas terasa sesak karena tertekan janin, maka pada saat bayi turun bernafas akan terasa lebih mudah karena tekanan di paru-pary berkurang, tetapi panggul terasa berat.

2. Kontraksi
Kontraksi adalah pertanda umum yang mengawali proses persalinan, namun banyak ibu-ibu yang tertipu dengan kontraksi palsu (Braxton Hiks) yang juga kerap muncul di minggu-minggu terakhir kehamilan. Untuk membedakannya perhatikan polanya. Kontraksi palsu tidak nyeri, tidak teratur dan biasanya akan hilang.
Sebaliknya intensitas kontraksi persalinan semakin meningkat menjelang persalinan. Semakin lama semakin sering dan semakin kuat. Mulanya berlangsung selama 30 menit tiap 15-20 menit. Kemudian bertambah meningkat menjadi 30-90 detik dengan selang 3-5 menit.

3. Bercak darah
Selama kehamilan, leher rahim tertutup oleh lendir untuk menghindari bayi dari infeksi. Semakin mendekati persalinan, leher rahim membuka dan menipis agar bisa dilewati kepala bayi. Lendir bercampur darah pun keluar akibat terputusnya pembuluh darah saat pembukaan leher rahim. Persalinan bisa terjadi dalam hitungan jam atau hari.

4. Kantung ketuban pecah
Keluarnya cairan dari vagina secara tiba-tiba dalam jumlah banyak menandakan kantung vagina telah robek dan pecah. Ini biasanya membuat panik. Segeralah ke rumah sakit atau bidan. 80% ibu mengalami persalinan dalam 12 jam setelah air ketuban pecah.

5. Sakit punggung
Kondisi sakit punggung biasa dialami selama masa kehamilan. Namun jika intensitasnya meningkat, itu tandanya Anda mengalami back labor. Normalnya saat bayi turun menuju jalan lahir, wajahnya menekan tulang belakang hingga menyebabkan nyeri. Nyeri ini bisa dirasakan di bagian perut namun lebih dominan di daerah punggung.

Sumber: Baby Guide (Max Media)

Sepertinya yang ini harus dibaca juga: Detik-detik Kelahiran Bayi

Gambar diambil dari sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon tinggalkan kritik, saran dan komentar untuk perbaikan konten blog ini.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, hanya nisankah yang akan kita tinggalkan? (Papa/H. Slamet Sulaiman)