Rabu, 27 April 2011

Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil

Walau bahagia menyambut kehadiran buah hati, tentunya timbul perasaan was was, terutama jika Anda mulai menyadari perubahan-perubahan yang mungkin Anda alami pada tubuh selama kehamilan. Apa saja perubahan-perubahan itu, langsung simak saja uraian berikut:
1. Perubahan payudara
Saat hamil, payudara Anda akan melunak, putting susu menjadi lebih gelap dan lebih peka. Pembesaran payudara pun mulai terjadi hingga Anda butuh ukuran bra yang lebih besar dan kuat. Itu tandanya kelenjar susu mulai giat berproduksi.

2. Perubahan kerja jantung dan paru
Jantung ibu hamil akan bekerja lebih keras untuk menyuplai kebutuhan darah yang meningkat. Selain itu, efek tekanan rahim pada paru-paru akan membuat Ibu hamil sesak nafas dan cepat lelah.

3. Perubahan kulit dan rambut
Jangan malas untuk merawat kulit dan rambut selama hamil, karena perubahan hormon akan membuat perubahan pada keduanya. Rambut dan kulit bisa jadi lebih berminyak atau lebih kering dibanding sebelum hamil.

4. Perubahan emosi
Wajar jika timbul perasaan tidak menentu pada Ibu hamil, terkadang bisa timbul perasaan sedih, gembira, kesal dan lain-lain. Jika tidak dikelola dengan benar, bisa menimbulkan depresi atau stress pada Ibu hamil. Ini nantinya dapat berpengaruh pada janin, terutama akan menghambat perkembangan berbahasanya kelak.

5. Perubahan mulut
Ibu hamil seringkali mengalami pembengkakan gusi, terjadinya karang gigi dan gusi mudah berdarah. Bahkan bisa juga terjadi lubang ada gigi.

6. Perubahan air seni
Pembesaran rahim dan janin yang menekan kandung kemih menyebabkan frekuensi buang air kecil ibu hamil semakin sering. Ini bisa terjadi baik siang maupun malam hari.

7. Pembengkakan kai dan tangan
Akibat penimbunan volume darah yang meningkat karena pertumbuhan janin nisa menyebabkan kaki menjadi bengkak, bisa juga menimbulkan varises. Biasanya ukuran sepatu akan lebih besar pula.

8. Wasir
Wasir kerap membesar pada kehamilan dan semakin parah sesudah melahirkan. Untuk menghindarinya, hindari mengejan keras-keras saat buang air dan konsumsi makanan berserat agar tidak timbul sembelit.

Banyak atau sedikit, perubahan pada tubuh Anda pasti terjadi selama kehamilan. Terkadang perubahan itu membuat Anda tidak nyaman. Tinggal bagaimana Anda menghadapi perubahan itu dengan santai agar Anda bisa melewatkan masa 9 bulan yang menakjubkan itu dengan gembira. Karena kegembiraan selama kehamilan akan membawa kegembiraan pula pada calon bayi Anda kelak.

Sumber: Baby Guide

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan kritik, saran dan komentar untuk perbaikan konten blog ini.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, hanya nisankah yang akan kita tinggalkan? (Papa/H. Slamet Sulaiman)