Minggu, 17 April 2011

Baby Blues


Sejatinya, semua wanita normal pastilah mendambakan hadirnya seorang bayi dalam hidupnya. Tapi terkadang saat si jabang bayi lahir, ternyata hidup menjadi tidak seindah yang dibayangkan karena Ibu mengalami Baby Blues.

Baby Blues atau juga disebut depresi post partum adalah kondisi stress seorang Ibu setelah melahirkan.

Tanda-tanda Baby Blues
- Mudah menangis tanpa sebab
- Merasa takut yang tidak beralasan, misalnya takut kehilangan bayi, takut bayi sakit, takut tidak bisa menjadi orang tua yang baik.
- Mudah marah dan tersinggung
- Merasa sendiri dan kesepian
- Bahkan bisa jadi si Ibu membenci bayinya jika Baby Blues sudah dalam tingkatan yang parah.

Bagaimana Mencegah Baby Blues
- Semenjak masa kehamilan, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai cara merawat bayi. Dengan begitu Anda bisa punya gambaran seberapa besar perubahan dalam hidup Anda nantinya setelah bayi Anda lahir. Diharapkan Anda lebih siap dan tidak kaget.
- Selalu tanamkan dalam benak Anda, bahwa Anda wanita yang beruntung. Banyak sekali perempuan yang tidak gampang untuk bisa hamil, dan Anda harus bersyukur tidak menjadi salah satu dari mereka.
- Nikmati betul masa istirahat Anda di rumah sakit pasca melahirkan, karena setibanya di rumah Anda akan disibukkan dengan mengurus bayi dan menerima kunjungan dari sanak kerabat yang hendak menengok si kecil.

Jika sudah terjadi, bagaimana mengobatinya
- Dekatkan diri pada Allah. Serahkan seluruh kesedihan dan keresahan Anda kembali pada Sang Pencipta. Adukan kelelahan Anda padaNya karena sesungguhnya hanya kepadaNyalah sumber pertolongan.
- Minta bantuan dari orang terdekat Anda untuk membantu mengurus bayi. Libatkan suami atau mungkin orang tua Anda untuk sejenak menggantikan Anda mengurus bayi agar Anda bisa punya waktu untuk diri sendiri. Tak perlu merasa bersalah jika sesekali Anda tidak membuai bayi Anda dan membiarkannya tidur dengan nenek atau ayahnya.
- Ikutilah komunitas Ibu dan anak melalui milis-milis untuk bisa berbagi dan mendapatkan masukan seputar perawatan bayi. Era informasi yang tanpa batas memungkinkan Anda mendapatkan informasi mengenai apa saja dalam sekejap mata. Apapun permasalahan Anda, bagilah dengan kawan-kawan di dunia maya dan Anda akan semakin cepat mendapat jawaban.
- Ijinkan tubuh Anda untuk istirahat. Tidurlah saat bayi Anda tidur agar Anda tidak kelelahan.
- Tak perlu terlalu perfeksionis. Wajar kok kalau rumah Anda menjadi agak berantakan sejak kelahiran si kecil, jadi tidak perlu dibawa stress melihat isi rumah Anda tidak serapi biasanya.

Pada dasarnya baby blues akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Kuncinya adalah selalu berpikir positif dan mengingat bahwa menjadi Ibu adalah karunia yang luar biasa sehingga tidak ada alasan bagi seorang Ibu untuk bersedih. Mungkin saat ini Anda direpotkan mengurus bayi yang ribet, menguras pikiran dan tenaga serta tidak banyak waktu lagi untuk menyenangkan diri sendiri. Tetapi semua itu akan terbayar tanpa Anda minta jika melihat buah hati Anda tumbuh semakin sehat, pintar dan lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan kritik, saran dan komentar untuk perbaikan konten blog ini.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, hanya nisankah yang akan kita tinggalkan? (Papa/H. Slamet Sulaiman)